Yuk Kenali Gejala & Penyebab Penyakit Sifilis Sejak Dini

Apa tersebut sipilis, sifilis, atau raja singa?

Sipilis adalah penyakit kelamin yang diakibatkan sang bakteri yang bisa menginfeksi kulit, mulut, perangkat kelamin, dan sistem saraf. Sipilis dikenal pun menggunakan nama sifilis atau raja singa.
Jika terdeteksi lebih awal, sifilis bakal lebih gampang disembuhkan dan nir bakal menyebabkan kehancuran permanen. Namun, penyakit sipilis yg nir diobati sanggup menyebabkan kehancuran berfokus pada benak atau sistem saraf serta organ lainnya, tergolong jantung.

Seberapa umumkah sipilis, sifilis, atau raja singa?

Jumlah pengidap raja singa mencicipi penurunan pada wanita sejak 2010. Tetapi pada laki-laki , jumlah penderita sipilis tidak menurun, khususnya pada lelaki yang bersangkutan seksual menggunakan sesama pria.

Tanda-pertanda & tanda-tanda

Apa saja karakteristik & fenomena sipilis, sifilis, atau raja singa? Gejala sipilis atau raja singa berbeda-beda tergantung tahapannya.

Gejala sipilis etape 1:
Gejala raja singa etape kesatu hadir dua-4 minggu sesudah terjadi infeksi, dalam format luka yg tidak terasa sakit (chancre) pada mana bakteri masuk ke dalam tubuh. Luka jenis ini nir sporadis terasa pada perangkat kelamin namun pun bisa disaksikan pada verbal atau anus andai bagian-bagian ini tercebur dalam aktivitas seksual dengan orang yang terinfeksi.

Umumnya, kenyataan ini bakal sembuh dengan sendirinya pada kurun masa-masa 1 sampai 5 minggu.

Gejala sipilis etape 2:
apabila infeksi nir diobati, fenomena raja singa etape dua dibuka sejak 6-12 minggu kemudian. Ciri-ciri sifilis etape dua ialah demam, sakit kepala, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, hadir ruam (kecil, benjolan bersisik merah pada penis, vagina, atau mulut, khususnya dalam telapak tangan dan kaki), sakit tenggorokan, kelenjar limpa membengkak (dalam ketiak, pangkal paha, leher), serta kelelahan.

Tahap laten (tersembunyi) ini bisa dilangsungkan selama bertahun-tahun tanpa adanya gejala.

Gejala sipilis etape 3:
Tahap tiga menurut fenomena sifilis hadir 10 sampai 40 tahun selesainya infeksi awal. Cirinya ialah timbulnya kehancuran dalam benak dan jantung, daya ingat menurun, merasakan kelumpuhan, & terjadi kasus pada ekuilibrium tubuh.

Beberapa penderita yg sudah berada dalam stadium 2 atau tiga barangkali nir menandakan adanya fenomena penyakit sipilis.

Mungkin ada sejumlah tanda atau fenomena yang nir tertera di atas. Jika kita memiliki kekhawatiran terhadap kenyataan eksklusif, silakan berkonsultasi menggunakan dokter Anda.

Kapan saya mesti cek ke dokter?

Segera hubungi dokter andai Anda atau anak Anda menerbitkan cairan yg tidak biasa, terasa sakit atau hadir ruam – khususnya apabila tadi terjadi di daerah selangkangan.

Apa penyebab sipilis (sifilis, raja singa)?

Penyebab sipilis ialah bakteri menggunakan nama Treponema pallidum. Infeksi acapkali terjadi sebab adanya kontak seksual. Dalam pertarungan yang paling sporadis ditemukan, bakteri bisa melalui celah atau luka dalam kulit sesudah menyentuh orang yang terinfeksi sifilis. Raja singa nir bisa menular melewati pemakaian toilet yang sama, bak mandi, pakaian atau perlengkapan makan, atau berdasarkan gagang pintu, empang renang atau pemandian air panas.
Faktor-faktor risiko

Siapa yg berisiko terpapar sipilis (sifilis, raja singa)?

Penderita HIV lebih rentan terhadap penularan & menjadi penyebar sipilis. Sekali kita tertular sifilis, bukan berarti Anda bakal kebal terhadap infeksi homogen. Anda bisa terinfeksi lagi & lagi. Penularan sipilis pun bisa terjadi menurut ibu hamil ke janinnya (sifilis kongenital).

Informasi yg diserahkan bukanlah pengganti petuah  medis. SELALU konsultasikan dalam dokter Anda.

Apa obat sipilis (sifilis, raja singa) principle biasa digunakan?

Pengobatan sipilis tergantung dalam langkah penyakit:
  • Tahap satu lumayan mudah guna disembuhkan dengan antibiotik, baik dengan teknik disuntik atau diminum.
  • Jika kita berada dalam etape 2 & etape tiga penyakit ini, kita akan diserahkan antibiotik guna ketika yg lama.

Biasanya darah kita akan dicek selesainya penyembuhan untuk meyakinkan bahwa infeksi telah hilang.

Apa saja tes principle biasa dilaksanakan buat sipilis (sifilis, raja singa)?

Dokter dapat menciptakan penaksiran berdasarkan sejarah medis & pengecekan tubuh pasien menggunakan menyimak organ seks, verbal, dan anus. Jika terdapat tanda penyakit sekecil apa pun, sebentuk kecil irisan jaringan atau cairan penyakit bakal segera dianalisis buat memahami jenis bakteri memakai mikroskop lapang gelap (dark-field microscope).

Sebuah tes darah, dikenal menjadi VDRL, dilaksanakan buat menilai apakah ada antibodi (zat yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh guna melawan infeksi menurut bakteri Treponema pallidum) pada darah. Tidak sampai pada situ, dokter pun akan menguji pasangan seksual Anda.

Apa saja evolusi gaya hidup yang dapat dilaksanakan untuk menanggulangi sipilis (sifilis, raja singa)?

Berikut gaya hayati & penyembuhan rumahan yang dapat menolong Anda menanggulangi sifilis:
  • Jangan berhenti meminum obat atau mengolah dosisnya melulu lantaran kita merasa lebih baik, kecuali dokter kita yg menganjurkan.
  • Informasikan buat dokter andai Anda sedang hamil. Penularan sipilis terhadap janin paling berbahaya.
  • Informasikan buat dokter andai Anda memiliki alergi terhadap obat khususnya terhadap penisilin.
  • Cuci tangan kita sesering barangkali buat menghindari penyebaran infeksi.
  • Lakukanlah kegiatan seksual yang kondusif menggunakan memakai kondom.
  • Beri tahukan pasangan seksual Anda andai Anda tengah menjalani penyembuhan sipilis hingga-sampai mereka pun menerima pengecekan medis.
  • Usahakan guna tidak melakukan kegiatan seksual selama paling tidak dua minggu selesainya penyembuhan atau sampai ditetapkan bersih oleh dokter Anda.
  • Memeriksakan diri Anda saat ada penyakit menular seksual lainnya.

Bila masih ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter buat penyelesaian terbaik kasus Anda.

0 Response to "Yuk Kenali Gejala & Penyebab Penyakit Sifilis Sejak Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel